Weblog Perpustakaan Unsri

Home » Profil

Profil

Perpustakaan Universitas Sriwijaya berasal dari Perpustakaan Kecil kepunyaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syakyakirti yang didirikan tahun 1956. Perpustakaan ini dimulai dari koleksi yang sedikit yang berjumlah 585 eksamplar dan ditambah dengan buku sumbangan dari PT Shell dalam bentuk 103 eksamplar. Dalam tahun 1960, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syakyakirti mendapat status Universitas Negeri yang disebut Universitas Sriwijaya, dan oleh sebab itu pula perpustakaannya menjadi Perpustakaan Universitas Sriwijaya (Perpustakaan Unsri).

Pada saat ini Perpustakaan Unsri adalah Unit Pelaksana Teknis di tingkat Universitas yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan pembinaannya dilakukan oleh Pembantu Rektor I. UPT Perpustakaan Universtas Sriwijaya sekarang  telah berkembang dengan koleksi cetak lebih dari 160.000 eksamplar termasuk koleksi non-cetak seperti dalam bentuk CD ROM maupun dalam bentuk langganan jurnal elektronik melalui Pro-quest.

Lokasi

UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya  memiliki dua Gedung Utama yang terletak di Kampus lama Bukit Besar palembang dan Kampus baru, Inderalaya yang berjarak 32 km dari Palembang.

Pelayanan

Beberapa pelayanan UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya yang diberikan kepada pengguna adalah pelayanan Sirkulasi, Referensi, Periodikal, Koleksi Khusus, Audio-visual, Koleksi Bank Dunia, dan, Pelayanan Sampoerna Corner yang diresmikan oleh  Rektor Universitas Sriwijaya pada tanggal 14 Desember 2006.

Pada saat ini UPT Perpustakaan Unsri telah bekerjasama dengan World-Bank dengan membuka pelayanan koleksi World Bank baik dalam bentuk tercetak maupun di dalam jaringan internet. UPT Perpustakaan Unsri juga telah bekerjasama dengan PT HM Sampoerna, Surabaya dengan membuka layanan Sampoerna Corner yang berisikan koleksi buku, CD,  TV Cable untuk edutainment, dan layanan e-journal.

Untuk Mahasiswa dan Karyawan Unsri dapat meminjam sebanyak 3 buah buku selama satu minggu dan  apabila masih dipoerlukan yang bersangkutan  dapat memperpanjangnya  satu kali lagi Sementara  Dosen setiap Fakultas dalam lingkungan Universitas Sriwijaya dapat meminjam sebanyak 3 buah buku selama satu bulan dan apabila masih memerlukannya maka dapat memperpanjangnya  satu kali lagi.

Sedangkan untuk mahasiswa di luar lingkungan Universitas Sriwijaya  hanya dapat membaca di tempat atau hanya  memfoto copy  informasi yang dibutuhkan.

Media Publikasi Perpustakaan

Media publikasi yang diterbitkan UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya terdiri dari :

  1. JKDMM yang diterbitkan 2 kali setahun (januari – Juni dan Juli Desember)
  2. Daftar  Tambahan Buku baru   3 kali setahun
  3. Daftar Indeks Majalah dan Surat kabar   3 kali setahu
  4. Daftar Absstrak Penelitian  dosen / Anotasi Karya Mahasiswa (Skripsi) 2 kali setahun
  5. Daftar Keliping   2 kali setahun
  6. Pedoman Perpustakaan Universitas Sriwijaya   1 kali setahun
  7. Direktori Pustakawan Universitas Sriwijaya 1 kali setahun
  8. Brosur Perpustakaan Universitas Sriwijaya 1 kali setahun
  9. Informasi Perpusdokinfo (terbitan Kelompok Pustakawan) 3 sekali setahun

Jam buka layanan

Jam layanan  di UPT Perpustakaan  Universitas Sriwijaya I adalah :

Hari senin s.d. Jum’at, Pk. 08.00 s,d, Pk.16.00  untuk   Kampus  Inderalaya
Hari Senin s.d. Sabtu,  Pk. 08.00 s.d. Pk. 16.00  untuk  Kampus  Palembang

Keanggotaan

  • Anggota Perpustakaan Universitas Sriwijaya  terdiri dari anggota biasa, anggota luar biasa, dan anggota kehormatan.
  • Anggota biasa terdiri dari mahasiswa, dosen,  dan  karyawan  yang  berasal  dari lingkungan Unsri
  • Anggota luar biasa terdiri dari mahasiswa, dosen, dan   umum yang  berasal  dari luar Unsri, seperti Universitas Swasta yang ada di Palembang dan sekitarnya
  • Anggota kehormatan diberikan kepada orang   atau  institusi  tertentu yang  telah berjasa dalam    memajukan  UPT Perpustakaan  Unsri.  Selain   itu   disediakan   juga keanggotaan yang mempergunakan   Kartu   Sakti   yang  terdiri  dari  27   Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia

Staf Perpustakaan

Struktur  Organisasi UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya  terdiri dari seorang Kepala UPT Perpustakaan,  yang dibantu oleh 5  orang  yaitu  seorang pejabat struktural,  3 orang pejabat  non-struktural dan seorang  lagi sebagai  Ketua Kelompom Pustakawan. Pustakawan (menagani bidang kepustakawanan).

Adapun nama-nama  pejabat dimaksud adalah :

Kepala UPT Perpustakaan : Drs. Djunaidi, MSLS
Kasubag. Tata Usaha : Dra. Yusmara
Kasubag. Pelayanan : Mulkan Achmad, SPd
Kasubag. Pembinaan Koleksi : Bahtera
Kasubag.  Automasi &Audio Visual : Agustoni Yan
Ketua Kelompok Pustakawan : Drs. H. Sudirman Bakri, S.Sos
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: